Selasa, 21 Februari 2012

Mencoba Linux Atau Windows Live Dengan MobaliveCD

Kalau dulu jika ingin mencoba linux atau windows versi baru, anda harus menginstall secara real. Artinya anda benar-benar melalui tahapan installasi seperti set partisi, set bios agar boot dari cd/dvdroom setelah itu baru masuk tahap installasi. Tapi sekarang jamannya yang praktis dan instan, cukup dengan emulator atau bahasa kerennya Virtual machine (Mesin Virtual) berupa program atau software yang dapat menjalankan OS tertentu seperti windows dan linux. OS under OS, Yaitu menjalankan System operasi didalam system operasi, lebih sederhananya menjalankan linux atau windows didalam windows(XP/Vista/7).
Muncullah program-program seperti VMware, Parallels workstation, VirtualBox, Qemu, sampai software yang cukup sederhana bernama MobaliveCD. Dari namanya sudah ketahuan kalau MobaliveCD digunakan untuk menjalankan OS linux maupun windows yang portable alias live CD/DVD. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau MobaliveCD juga bisa digunakan untuk installasi seperti windows XP/Vista maupun linux. MobaliveCD memakai emulator QEMU untuk menjalankan CD/DVD live langsung dari file iso yang sebelumnya dibuat dengan software iso maker seperti UltraISO maupun software burning seperti nero dan Ashampoo burning studio.
Hebatnya lagi Mobalive ini gratis 100% dan tidak memerlukan install ke komputer, jadi cukup jalankan file exe program langsung jalan(portable) sehingga mudah dibawa. Begitu dijalankan, program akan menampilkan pilihan sumber OS, apakah dari cd/dvdroom, file iso, atau bisa juga dari flashdisk jika sudah ada OS livenya didalam USB flashdisk.
Ohya yang mau download dan mencoba MobaliveCD silahkan download disitus resminya dialamat:
http://mobalivecd.mobatek.net/en/
Sampai sekarang emulator ini sudah mencapai versi 2.1 yang sudah ditambahkan dukungan untuk USB/flashdisk dan program ini cukup sederhana karena anda tidak perlu melakukan setting apapun. Cukup buka MobaliveCD lalu mainkan linux atau windows livemu, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar